Universitas Pertahanan atau biasa disebut dengan UNHAN ( bahasa Inggris : Indonesian Defense University atau IDU ) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi , sarjana , dan pascasarjana di bidang pertahanan dan bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TPQ
Nama TPQ : An-Ni’mah
Mata Pelajaran : At-tartil Jilid 1
Halaman/Pertemuan : 3/5
Alokasi Waktu : 90 menit (60 menit program inti, 30 menit program penunjang)
Hari/Tanggal : Selasa/ 12 Desember 2017
A. Standar Kompetensi (Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan)
Pengenalan Makhorijul huruf dari ke-28 huruf hijaiyah.
1.1. Pengenalan nama-nama huruf hijaiyah yang berharakat (musammayatus huruf).
1.2. Pengenalan nama-nama huruf hijaiyah yang tanpa harakat (as’maul huruf).
B. Kompetensi Dasar (menyesuaikan bahan ajar pada tingkatnya).
Mengenalkan huruf hijaiyah خ dan غ, sholat sunnah, surat-surat pendek, do’a pilihan kebaikan dunia dan akhirat melalui pengamatan dan penerapan.
C. Indikator (cukup jelas)
1. Mampu mengenal nama-nama huruf hijaiyah خ dan غ atau خ dan غdengan baik dan benar.
2. Mampu menjelaskan perbedaan makhroj antara خ dan غ
3. Mampu membaca do’a sehari-hari, do’a kebaikan dunia akhirat.
D. Tujuan Pembelajaran (Cukup jelas)
1. Santri dapat mengenal nama-nama huruf hijaiyah خ dan غatau خ dan غdengan baik dan benar
2. Santri dapat menjelaskan perbedaan makhroj antara خ dan غ.
3. Santri dapat membaca do’a sehari-hari, do’a kebaikan dunia akhirat.
E. Materi Pokok
1. Buku At-Tartil Jilid I halaman 3.
2. Buku At-Tartil materi hafalan untuk TKQ/TPQ disertai isinya.
F. Metode Pembelajaran.
1. Simulasi
2. Drill
3. Tanya Jawab
G. Langkah-langkah kegiatan
Tahap Persiapan
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Santri
|
Pengorganisasian Kelas
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
Ø Guru memimpin do’a pembuka
|
Ø Santri membaca do’a pembuka bersama-sama.
|
Klasikal
|
5 menit
|
Ø Guru mengajak permainan senam otak (Brian Game)
|
Ø Siswa menirukan gerakan permainan senam otak
|
Klasikal
|
5 menit
| |
Kegiatan Inti
|
Ø Guru menjelaskan tentang huruf خ dan غ, kemudian guru meyuruh menirukan bacaan guru dan setelah itu guru menyuruh melihat tulisn guru di papan tulis.
|
Ø Santri memperhatikan penjelasan guru, kemudian menirukan bacaan guru dan setelah itu melihat huruf خ dan غ di papan tulis.
|
Klasikal
|
5 menit
|
Ø Guru menjelaskan huruf خ dan غ dengan alat peraga At-Tartil dan menyuruh menirukan bacaan 3x. dengan alat peraga yang menggunakan kertas berwarna merah muda غ
huruf dan kertas hijau huruf خ
|
Ø Santri mendengarkan penjelasan guru dan setelah itu menirukan bacaan guru 3x dan membedakan tulisan خ dan غSesuai kertas warna.
|
Drill terpimpin dan Klasikal
|
5 menit
| |
Ø Guru menyuruh membuka buku halaman 3, kemudian guru mendrill berikutnya dipimpin santri yang pandai.
|
Ø Santri membuka buku halaman , kemudian menirukan ucapan guru sebanyak 3x berikutnya menirukan bacaan teman yang dipilih guru.
|
Drill terpimpin dan Klasikal
|
10 menit.
| |
Ø Guru meng-evaluasi satu persatu (urdho individu) dan menyuruh santri yang belum di evaluasi menulis huruf hijaiyah halaman 3.
|
Ø Santri melatih (urdhoh) secara mandiri dengan membaca halaman 3 dan santri lain menulis halaman 3.
|
Evaluasi
|
30 menit
| |
Kegiatan Penunjang
|
Ø Guru menerangkan tentang bacaan
|
Ø Santri mendengarkan dan menirukan bacaan do’a kebaikan dunia dan akhirat
|
Klasikal & Evaluasi
|
30 menit
|
Kegiatan Akhir
|
Ø Guru memimpin do’a penutup
|
Ø Santri membaca do’a penutup bersama-sama
|
Klasikal
|
H. Media dan Sumber Belajar
1. Buku At-Tartil Jilid 1
2. Buku At-Tartil materi hafalan
3. Papan tulis, 2 spidol
4. Alat peraga At-Tartil jilid 1
I. Penilaian
1. Urdhoh individual
2. Penggunaan rubrik penilaian
Nilai shohih : jika santri tidak pernah salah
Nilai maqbul : jika santri salah 1 s/d 3 kali dengan dibenarkan oleh guru
Nilai dho’if : jika santri salah lebih dari 3 kali dengan dibenarkan bacaannya
oleh guru.
Mengetahui,
Guru At-Tartil
( )