Langsung ke konten utama

Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Universitas Pertahanan   atau biasa disebut dengan   UNHAN   ( bahasa Inggris :   Indonesian Defense University   atau   IDU ) adalah sebuah   Perguruan Tinggi Negeri   yang menyelenggarakan   pendidikan   vokasi ,   sarjana , dan   pascasarjana   di bidang   pertahanan   dan   bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma   perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu  Peraturan Presiden  Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono  pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada
INSTRUMEN SUPERVISI KELAS

N a m a                       :           ……………………………………………………………………………….
Guru Kelompok            :              ……….
Hari / Tanggal                                :               ………………………………………………………………………………..
A. Administrasi Kelas
No
Komponen
Ada
Tidak
Nilai
Ket.
1
2
3
4

1
Kalender Pendidikan







2
Alat Peraga







3
Papan Pajang hasil karya anak







4
Papan Absensi anak







5
Buku Absensi anak ( Rekapitulasi )







6
Daftar Kelas







7
Tata Tertib







8
Notulen Kelas







9
Buku Supervisi Kelas







10
Buku Inventaris Kelas







11
Buku penerimaan/Pengambilan LPPAD TK







12
Buku Pemeriksaan Kesehatan anak







13
Buku penghubung







14
Portofolio Anak







Jumlah Skor








Rounded Rectangle: Nilai akhir : Skor Perolehan  X 100 % =  
                     Skor Maksimal

Ketercapaian :
   a.   86% - 100%         =  Baik Sekali
  b.   70% - 85%           =  Baik
  c.   55% - 69%            =  Cukup
  d.   Dibawah 55 %     =  Kurang          
                                                                                                               
.............................., ....... -  ...... - ..............
                                Kepala TK                                                        Guru Kelompok : .............

           
                        ______________________                            __________________
                        NIP.                                                                  NIP.


                                               
INSTRUMEN SUPERVISI KELAS
N a m a                       :           ……………………………………………………………………………….
Guru Kelompok            :              ……….
Hari / Tanggal                                :               ………………………………………………………………………………..
B. Administrasi Guru Dalam KBM
No
Komponen
Ada
Tidak
Nilai
Ket.
1
2
3
4

1
Buku Kurikulum







2
Buku Pedoman Pembelajaran







3
Buku Pedoman Penilaian







4
Buku Pedoman Pengembangan Silabus







5
Persiapan Mengajar : Program Tahunan







6
Program Semester







7
Rencana Pelaksanaan Program MIngguan (RPPM )







8
Rencana Pelaksanaan Program Harian ( RPPH )







9
Buku Sumber ( Paket atau Penunjang )







10
Buku Penilaian Perkembangan Anak







11
Buku Bantu Penilaian anak







12
Buku Rangkuman Penilaian







13
Alat Penilaian







14
Portofolio







15
Jadual Kegiatan







Jumlah Skor








Rounded Rectangle: Nilai akhir : Skor Perolehan  X 100 % =  
                     Skor Maksimal

                                Ketercapaian :
   a.   86% - 100%         =  Baik Sekali
  b.   70% - 85%           =  Baik
  c.   55% - 69%            =  Cukup
  d.   Dibawah 55 %     =  Kurang          
                                                                               
.............................., ....... -  ...... - ..............
                                Kepala TK                                                                    Guru Kelompok : .............
           

                        ______________________                                        _______________________
                        NIP.                                                                  NIP.                                      
INSTRUMEN SUPERVISI KELAS
N a m a                       :           ……………………………………………………………………………….
Guru Kelompok            :              ……….
Hari / Tanggal                                :               ………………………………………………………………………………..
C. Administrasi Proses Pembelajaran
No
Komponen
Ada
Tidak
Nilai
Ket.
1
2
3
4

1
Guru melaksanakan PBM sesuai RPPH







2
Pelaksanaan Pembelajaran Mencakup :








    a. Kegiatan Awal








    b.Kegiatan Inti








    c.Kegiatan Akhir







6
Menggunakan Multi Media







7
Menggunakan Alat Peraga







8
Mencerminkan PAIKEM







9
Penguasaan Materi







10
Interaksi Guru dan Anak







11
Penguasaan Kelas







12
Pengembangan Model Pembelajaran







Jumlah Skor







               
Rounded Rectangle: Nilai akhir : Skor Perolehan  X 100 % =  
                     Skor Maksimal

Ketercapaian :
   a.   86% - 100%         =  Baik Sekali
  b.   70% - 85%           =  Baik
  c.   55% - 69%            =  Cukup
  d.   Dibawah 55 %     =  Kurang          
                                                                               
.............................., ....... -  ...... - ..............
                                Kepala TK                                                        Guru Kelompok : .............


                        ______________________                            _______________________
                        NIP.                                                                  NIP.






                                                

Postingan populer dari blog ini

Adaptasi Tumbuhan dan Hewan

Adaptasi Tumbuhan Jika bicara masalah adaptasi, adaptasi tidak hanya terjadi pada manusia saja, namun adaptasi juga terjadi pada hewan maupun pada tumbuhan. Adaptasi sangat penting karena adaptasi merupakan proses penyesuaian diri kepada lingkungan sekitar. Adaptasi sangat diperlukan untuk kelangsungan hidupnya, sebab jika makhluk hidup tidak bisa beradabtasi dengan lingkungan akan membuat kelangsungan hidupnya tidak bertahan lama, hal ini tidak hanya dilakukan oleh manusia dan hewan saja, namun adaptasi juga harus dilakukan oleh tumbuhan demi kelangsungan hidupnya supaya bisa bertahan lama. Adaptasi tumbuhan mempunyai berbagai manfaat bagi tumbuhan itu sendiri maupun bagi makhluk lain yang ada disekitarnya. Jika anda sedang mencari pengetahuan tentang manfaat adaptasi tumbuhan, maka anda harus menyimak artikel berikut ini, sebab artikel berikut akan mengulas tentang masalah adaptasi tumbuhan. Dibawah akan dijelaskan tentang pengertian adpatasi tumbuhan dan juga contoh cont

MASALAH DAN MANFAAT PEMUAIAN

Top of Form Bottom of Form NAMA:ANGELS INNE KRISTIAN KELAS:7C/6            MASALAH DAN MANFAAT PEMUAIAN a. Pemasangan kaca jendela Tukang kayu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk memberi ruang kaca saat terjadi pemuaian. Apabila desain jendela tidak diberi ruangan pemuaian, maka saat kaca memuai akan mengakibatkan retaknya kaca tersebut. b. Celah pemuaian pada sambungan jembatan Sering kamu jumpai sambungan antara dua jembatan beton terdapat celah di antaranya. Hal ini bertujuan agar jembatan tersebut tidak melengkung saat terjadi pemuaian. c. Sambungan rel kereta api Sambungan rel kereta api dibuat ada celah diantara dua batang rel tersebut. Hal ini bertujuan agar saat terjadi pemuaian tidak menyebabkan rel melengkung. Rancangan yang sering digunakan sekarang ini sambungan rel kereta api dibuat bertautan dengan ujung rel tersebut dibuat runcing. Penyambungan seperti ini memungkinka