Universitas Pertahanan atau biasa disebut dengan UNHAN ( bahasa Inggris : Indonesian Defense University atau IDU ) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi , sarjana , dan pascasarjana di bidang pertahanan dan bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada
Tema :
Diri Sendiri
Sub Tema : Identitas
diri, Nama , Usia, Jenis, Anggota,
Ciri
- Ciri Tubuh, Kesukaan
Semester / Minggu : I / I
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Bercakap
tentang macam-macam agama yang ada di Indonesia (1)
|
–
Bermain
peran
|
–
Menirukan
Kata (Tangan, badan, kaki, dll) (1)
|
–
Menunjuk
anggota tubuh ku dan menyebutkan fungsinya (1)
|
–
Berjalan
diatas papan titian (1)
|
–
Menggambar
bebas Anggota badan dengan krayon (25)
|
Selasa
|
–
Menyanyi
Lagu “Aku“ (3)
|
–
Menunggu
giliran saat menyanyi lagu
|
–
Tanya
Jawab tentang anggota tubuh dan cirinya (6)
|
–
Menghitung
jumlah hari dalam 1 minggu (17)
|
–
Meloncat
dari ketinggian (2)
|
–
Meronce
kertas menjadi kalung
|
|
Rabu
|
–
Berdo’a
sebelum tidur ( 8 )
|
–
Bercerita
tentang pengalaman
|
–
Menirukan
syair “Aku” ( 2)
|
–
Memberi
tanda √ pada gambar benda yang berat
(19)
|
–
Berdiri
diatas satu kaki selama 10 detik (5)
|
–
Memegang
pensil dengan benar
|
|
Kamis
|
–
Memberi tanda √ pada gambar anak yang berpakaian rapi (13)
|
–
Cerita
saat berangkat sekolah
|
–
Menghubungkan gambar anggota badan dengan tulisan (12)
|
–
Menirukan
gambar tangan, kaki, kepala dan
lain-lain (30)
|
–
Menendang
bola ke depan dengan terarah (15)
|
–
Menggunting
gambar kepala
|
|
Jumat
|
–
Menyebutkan
sikap yang baik terhadap orang tua (15)
|
–
Cara
membalas salam yang baik
|
–
Menyebut
huruf vokal pada kata Boneka (25)
|
–
Menunjuk
lambang bilangan 1-10 (35)
|
–
Meniru
senam (10)
–
Menimbang
berat badan (58)
|
–
Gradasi
warna bentuk lingkaran (Kepala)
|
|
Sabtu
|
–
Menyebut
macam - macam kitab suci (Al-Quran, Injil, Zabur, Taurat) (6)
|
–
Melaksanakan
tugas sendiri sampai selesai.
|
–
Menyanyi
lagu dua mata saya (15)
|
–
Menarik
garis, gambar buah 3 dengan angka 3 (42)
|
–
Mengukur
tinggi badan (59)
|
–
Finger
Painthing
|
Tema :
Diri Sendiri
Sub Tema : Alat/macam
indera, fungsi alat indera, macam-macam rasa
Macam
perabaan.
Semester / Minggu : I / II
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Tanya
jawab tentang agama yang dianut (2)
|
–
Bermain
kelompok (berbisik kata) (2)
|
–
Meniru
kalimat :mata untuk melihat”, dll (3)
|
–
Membedakan
macam-macam bau (bunga, ikan, sabun), dll. (4)
|
–
Berjalan
mundur pada garis lurus (2)
|
–
Menggambar
ikan (26)
|
Selasa
|
–
Beryair
mataku ciptaan Tuhan (4)
|
–
Tanya
jawab tentang macam-macam indera (23)
|
–
Menyebut
macam-macam rasa manis, pahit, asin. (13)
|
–
Memasangkan
benda sesuai dengan pasangannya. Misal : cabe-pedas, dll. (26)
|
–
Merayap
seperti buaya (6)
|
–
Mozaik gambar cabe (51)
|
|
Rabu
|
–
Bermain
peran dengan judul berkenalan (16)
|
–
Bermain
dengan teman (3)
|
–
Menggambar
dan menceritakan hasil yang digambar (26)
|
–
Meniru
lambang bilangan sesuai gambar. (39)
|
–
Menangkapo
bola (20)
|
–
Menggambar DO
menjadi Kepala (32)
|
|
Kamis
|
–
Bercerita
tentang tolong menolong (20)
|
–
Berbicara
dengan suara yang lemah (12)
|
–
Mengucapkan
sajak (19)
|
–
Menghitung
langkah waktu masuk ruangan (20)
|
–
Bermain dengan simpai (8)
|
–
Melipat
topi (45)
|
|
Jumat
|
–
Menyebutkan
perbuatan baik dan buruk (membersihkan kuku, dll) (23)
|
–
Mengikuti
aturan permainan (15)
|
–
Menceritakan
pengalaman saat ulang tahun (16)
|
–
Membuat
urutan bilangan 1-20 pada gambar buah (36)
|
–
Kerja
bakti membersihkan lingkungan sekolah (24)
|
–
Menggambar
bebas (48)
|
|
Sabtu
|
–
Menyebutkan
tempat-tempat ibadah (5)
|
–
Mewarnai
gambar “anak minum air: (10)
|
–
Bercakap-cakap
tentang fungsi indera (7)
|
–
Membedakan
kasar, halus misal : gelas dan
keranjang (19)
|
–
Bergantung Pada Tangga setengah lingkaran
(4)
|
–
mencetak gambar dengan jari (28)
|
Tema :
Diri Sendiri
Sub Tema : Macam -
macam pembauan., Macam - macam Suara, Macam - macam penglihatan
Semester / Minggu : I / III
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
· Religius
· Disiplin
· Kreatif
· Mandiri
· Jujur
· Bersahabat
· Komunikatif
· Toleransi
· Tanggung Jawab
|
– Tanya
jawab bagaimana carea menjaga kebersihan (26)
|
–
Membalasa salam dari Bu Guru (11)
|
– Melakukan 3 perintah, ambil bunga, dicium,
meletakkan di atas meja (1)
|
– Mengelompokkan
atau memberi tanda √
pada gambar yang mempunyai bau wangi
|
–
Meloncat dari papan titian (3)
|
– Menggambar
bunga (26)
|
Selasa
|
– Menyanyi
lagu bernuansa islam “Solawat Nabi“ (3)
|
–
Berbagi dengan teman / bercakap-cakap
sikap terpuji (5)
|
– Meniru
suara adik menangis (8)
|
– Menyebut
perbedaan suara lembut dan suara lengking (3)
|
–
Naik sepeda dengan seimbang tanpa
jatuh (2)
|
– Menggunting
gambar matahari (45)
|
|
Rabu
|
– Menyapa
teman dengan suara lembut (12)
|
–
Senang melakukan kegiatan (10)
|
– Membuat
sajak “Bungaku”
|
– Memberi
tanda = dan ≠ pada gambar
(18)
|
–
Berlari sambil melompat dengan
seimbang (6)
|
– Mencocok
gambar orang (31)
|
|
Kamis
|
– Bersikap
baik saat bermain (24)
|
–
Melakukan tugas kelompok (1)
|
– Memberi
keterangan tentang keadaan (siang, malam) ( 17)
|
– Mencium
macam-macam bau (tempe, bunga, minyak telon. dll) (4)
|
–
Memanjat tanga setengah lingkaran
(4)
|
– Kolase
gambar bunga (50)
|
|
Jumat
|
– Meniru
bacaan niat solat (9)
|
–
Berbicara dengan suara lembut (8)
|
– Menyebut
kata yang mempunyai huruf awal yang sama (Mata, Malu)
|
– Menghubung
lambang bilangan dengan gambar (38)
|
–
Melambungkan dan menangkap bola
(18)
–
Pemeriksaan kesehatan rambut,
telinga, mata dan gigi ( 61)
|
– Mencap gambar kepala (28)
|
|
Sabtu
|
– Menyebutkan
Agamanya sendiri (2)
|
–
bercakap - cakap lantang suara
yang lembut, menyaring dan, melengking ( 23)
|
– Mempunyai
lagu “taman, bungaku”
|
– Meniru
gerakan mencari sesuatu dengan mata tertutup (10)
|
–
Berjalan mundur sambil (membawa
beban) (2)
|
– Mozaik
gambar bunga (47)
|
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Anggota
keluarga - kebiasaan dalam keluarga
Tata tertib dalam keluarga - Bintang
Peliharaan
Fungsi
dan Tugas tiap anggota Keluarga
Semester / Minggu : I
/ IV
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FH
|
FK
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
– Bersyair
“ Ayah” Bunda” (4)
|
–
Melaksanakan tugas mewarnai
gambar keluarga bersama - sama (1)
|
– Mengulang
kalimat (“Saya sayang Ayah dan Ibu”)
– Ibu
memasak di dapur (4)
|
– Menceritakan
sendok di masukkan ke dalam air (tenggelam)
– “
Membuat teh manis”
|
–
Menggambar ayah, Menggabar Ibu,
Menggambar Anak (27)
|
– Berdiri
dengan tumit diatas satu kaki dengan seimbang (5)
|
Selasa
|
– Menyebutkan
Al quran Kitab Suci ku (7)
|
–
Bercerita tentang kebiasaan Ibu
di rumah (5)
|
– Berani bertanya “Bu Guru mempunyai binatang
apa di rumah (10)
|
– Merencanakan
permainan baru bersama-sama (5)
|
–
Menggambar Kucing dan Ayam (26)
|
– Berjalan
mundur dengan satu kaki (2)
|
|
Rabu
|
– Berbuat
baik terhadap satu keluarga
– Memberi
warna merah terhadap anak yang patuh (10)
|
–
Tidak marah pada orang tua, jika
meminta sesuatu tidak dibelikan (8)
|
– Bercerita tentan tata tertib di dalam
keluarga (14)
|
– Bermain
peran, ayah, Ibu, Anak
|
–
Mencetak dengan pelepah pisang
gambar Ibu (28)
|
– Berlari rintangan dengan jarak 5m (6)
|
|
Kamis
|
– Mengucapkan
terima kasih telah dibawakan oleh - oleh dari Ibu / Ayah (14)
|
–
Mengucapkan salam saat
bertemu keluarga ( 11)
|
– Menyanyikan
lagu “One And One“
|
– Mengerjakan
Maze : Ayah pergi ke kantor (13)
|
–
Menyusun Menara (44)
|
– Menggelindaingkan
simpai (8)
|
|
Jumat
|
– Memperingati
hari besar agama (29)
|
–
Cerita tentan menjenguk keluarga
(18)
|
– Menghubungkan
gambar ayah dengan tulisan ayah dst (
29)
|
– Menggambar
D
dengan topi petani menggambar dengan gambar
tahu (25)
|
–
Membati Jari (55)
|
– Berjalan
degan satu kaki (gijek) (5)
– Menimbang
berat badan (58)
|
|
Sabtu
|
– Bersyair
“ Adikku Sayang “
|
–
Membantu menyapu di rumah (24)
|
– Membaca
cerita kebiasaan di rumah (33)
|
– Menggubungkan
angka 1-10 dengan tulisan 1-10 (41)
|
–
Menggambar sapu (27)
|
– Berjalan ke kanan dan kekiri
– Makan-makanan
yang mengandung gizi seimbang (62)
|
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Guna
Rumah, Macam-macam rumah, dari Pembuatannyaa, Jenis-Jenis Rumah, Bagian- bagian
rumah, alat dan perkakas di dalam rumah, Lingkungan Rumah
Semester / Minggu : I / V
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FH
|
FK
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyebutkan
tempat ibadah agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Khonghucu (5)
|
–
Berbicar lemah
lembut terhadap ayah, Ibu, nenek, kakek (12)
|
–
Menaati aturan
dalam keluarga (5)
|
–
Mengelompokkan
perkakas di rumah (2)
|
–
Menggambar
rumahku
|
– Berdiri dengan tumit di atas satu kaki
dengan seimbang secara bergantung (5)
|
Selasa
|
–
Menyapa teman
bila bertemu : menyapa guru bila di sekolah (12)
|
–
Mau meminta maaf bila melakukan kesalahan dalam
keluarga (17)
|
–
Tanya Jawab
tentang macam-macam rumah (7)
|
–
Membuat bendera
merah putih dari kertas (5)
|
–
Menggambar
rumah dari bentuk Lingkaran, Segiempat, bujur sangkar dengan rapi (31)
|
– Memasukkan bola ke gawang (15)
|
|
Rabu
|
–
Mau meminta
maaf bila bersalah dalam keluarga (17)
|
–
Tolong
Menolong di rumah (
|
–
Menyebutkan
suku kata awal sama rumah, rukun, kayu, kaca, dll (11)
|
–
Tanya Jawab
tentang membuat rumah (7)
|
–
Meronce dengan
sedotan & manik - manik (32)
|
– Bermain Kucing dan Tikus(16)
|
|
Kamis
|
–
Menolong
membersihkan rumah (20)
|
–
Kerja Bakti di
rumah (menjaga kebersihan rumah) (26)
|
–
Menghubungkan
tulisan rumah, dengan gambar rumah, pintu dengan gambar pintu
|
–
Menyusun
Puzzle gambar rumah (14)
|
–
Menciptakan
rumah dari lidi (39)
|
– Berdiri dengan tumit di atas satu kaki
dengan seimbang secara bergantiang (5)
|
|
Jumat
|
–
Memberi tanda √ pada anak yang menata perkakas di
rumah (23)
|
–
Berbicara
dengan lunas lembut pada ayah,Ibu, nenk, kakek (12)
|
–
Menyebutkan
nama benda : sama, sapu, sulak (27)
|
–
Mengelompokkan
bola- bola sesuai dengab bentuknya (24)
|
–
Mewarnai
gambar alat - alat di dalam rumah (54)
|
– Memasukkan bola ke gawang (15)
– Menimbang berta badan(58)
|
|
Sabtu
|
–
Tidak
mencoret-coret dinding rumah (26)
|
–
Mau meminta
maaf bila melakukan kesalahan dalam keluarga ( 17)
|
–
Membaca gambar
rumah di lihat dari pembuatannya:Ijuk, Kayu , Bambu dll (30)
|
–
Membuat pola
Jendela , pintu, atab, dll (31)
|
–
Menggambar
bentuk rumah (25)
|
– Bermain Kucing dan Tikus (16)
– Mengukur tinggi badan (59)
|
Tema : Lingkunganku
Sub Tema : Kegunaan
Sekolah, Gedung & Halaman Sekolah
Orang
- orang yang ada di sekolah
Semester /Minggu : I
/ VI
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FH
|
FK
|
Senin
|
· Religius
· Disiplin
· Kreatif
· Mandiri
· Jujur
· Bersahabat
· Komunikatif
· Toleransi
· Tanggung Jawab
|
–
Menyebutkan agama
yang ada di Indonesia (1)
|
–
Melaksanakan tugas
yang diberikan guru (21)
|
– Menirukan
Kalimat penggunaan sekolah “ Sekolah tempat belajar”(3)
|
–
Membuat
Kegiatan di dalam Kelas (membersihkan perabot Sekolah) (K)
|
–
Menggambar
bebas yang ada di linkungan sekolah (25)
|
– Memanjat pada tangga Majemuk (4)
|
Selasa
|
–
Menyanyikan Lagu “Selamat
Pagi “ (3)
|
–
Memberi tanda √ pada anak yang datangnya tepat waktu
(13)
|
– Apa
saja alat yang ada di dalam kelas (7)
|
–
Bermain Peran
sebagai guru (9)
|
–
Membentuk
gedung sekolah dengan plastisin (38)
|
– Merayap di dalam Ban
– Merangkak
di halaman sekolah (7)
|
|
Rabu
|
–
Menyebutkan Kitab suci
Agama Islam dan Agama Hindu (6)
|
–
Tidak boleh makan di dalam kelas
–
Memakai seragam lengkap (14)
|
– Anak
- anak bercerita tentang gambar disekolah yang mereka buat sendiri (14)
|
–
Mengapa perlu
sekolah ?
–
Mengapa kita
bau? (6)
|
–
Membuat bunyi dengan
botol Aqua (42)
|
– Menendang
bola ke belakang (15)
|
|
Kamis
|
–
Mewarnai gambar anak
yang berpakaian rapi (13)
|
–
Menghibur teman yang susah (17)
|
– Menghubungkan
alat - alat mainan di luar kelas denga tulisannya /912)
|
–
Mencari jejak anak berangkat kesekolah (13)
|
–
Menggambar gedung
sekolah (48)
|
– Mencuci piring dan gelas setelah di gunakan
(21)
|
|
Jumat
|
–
Cerita tentang
Kejujuran (19)
|
–
Mau berbagi dengan teman (20)
|
–
Menyanyikan
lagu “ Jika ku sekolah “ (15)
|
–
Mengelompokkan
bentuk 3 dimesnsi yang berbentuk persegi (papan tulis, meja)
–
Mengelompokkan
benda 3 dimensi yang berbentuk ligkaran ( jam, bola ) (24)
|
–
Menganyam tikar dari
kertas/ daun pisang (34)
|
– Buang air di kamar mandi (22)
–
Periksa kesehatan rambut,
telinga, mata dan gigi (61)
|
|
Sabtu
|
–
Menyebutkan hari
besar Agama Islam (28)
|
–
Melaksanakan tugas
yang diberikan Guru (21)
|
–
Menghubungkan
gambar sekolah dengan tulisan sekolah
–
Mengubungkan gambar pagar dengan Tulisan Pagar
–
Menghubungkan
gambar guru dengan tulisan Guru (29)
|
– Mengurutkan
gambar penggaris dari yang tinggi ke rendah
dengan memberi angka (34)
|
–
Menggambar bebas yang ada di
lingkungan sekolah (25)
|
–
Memanjat pada
tangga lengkung (4)
–
Makan-makanan
yang mengandung gizi yang seimbang taman gizi
|
Tema :
Lingkunganku
Sub Tema : Alat di
sekolah dan gunanya , tata tertib sekolah
Lingkungan
sekolah, perayaan PHBN
Semester / Minggu : I / VII
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyebutkan
kitab suci yang di anut (7)
|
–
Mau
meminjamkan pensil pada teman (4)
|
–
Melakukan
tigas perintah ( ambil kapur, buku, letakkan di tempat nya (1)
|
–
Menunjukkan
benda yang ada di kelas beserta gunanya (1)
|
–
Berjalan
maju di atas papan titian (5)
|
–
Meniru garis tegak dan datar menjadi gambar
tas (27)
|
Selasa
|
–
Berdoa
sebelum berangkat sekolah (doa keluar rumah) (8)
|
–
Sabar
menunggu giliran waktu bermain (7)
|
–
Menjawab
pertnyaan tentang alat ayang ada di kelas( 6)
|
–
Mengelompokkan
alat - alat sekolah (2)
|
–
Naik
sepeda roda dua zig -zag (8)
|
–
Mencocok
gambar tas (29)
|
|
Rabu
|
–
Tata
cara menghormati orang tua (15)
|
–
Datang
kesekolah tepat waktu (13)
|
–
Mengelompok
kan kata yang sejenis (Kapur, pensil, buku) (13)
|
–
Menyebut
nama - nama bulan (17)
|
–
Meniru
gerakan pohaon yang tertiup angin (12)
|
–
Menggambar
alat-alat di sekolah (29)
|
|
Kamis
|
–
Menyebutkan hari-hari
besar agama Islam (28)
|
–
Bercakap
- cakap tentang tata tertib di sekolah (14)
|
–
Melengkapi
kalimat misal cuci tangan sebelum (20)
|
–
Menyusun
alat sekolah dari besar sampai yang kecil
(32)
|
–
Melempar
bola sambil memutar badan (20)
|
–
Permainan warna (43)
|
|
Jumat
|
–
Meniru
Gerakan solat (9)
|
–
Tidak
Boleh makjan waktu kegiatan belajar
mengajar(15)
|
–
Mengucap
syair lagu “terima kasih guruku“ (34)
|
–
Menghitung
gambar dengan memberi angka yang sesuai (1-20)
|
–
Cuci tangan
setelah makan (21)
–
Makan-makanan
yang mengandung gizi seimbang (62)
|
–
Membatik gambar karpet (55)
|
|
Sabtu
|
–
Memberi tanda
x gambar anak yang mengganggu orang yang sedang solat (30)
|
–
Memuji
teman yang menang dalam perlombaan (27)
|
–
Bercerita
tentang tata tertib di sekolah (16)
|
–
Meniru
pola segi empat menjadi gambar buku
|
–
Melakukan
permainan petak umpet(16)
–
Periksa
kesehatan rambut, mata, dan gigi (61)
|
–
Menggunting
dengan pola zig zag (49)
|
Tema :
Kebutuhanku
Sub Tema : Manfaat
makan dan Minuman, Jenis makanan dan minuman, Alat makan, Tata cara makan
Semester / Minggu : I / VIII
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Bersyair empat
sehat lima sempurna (4)
|
–
Membersihkan
meja (1)
|
–
Melakukan 3-5
kata secara berurutan (3)
–
Makanlah 3 kali
sehari agar sehat
|
–
Mengungkapkan
manfaat makanan (1)
|
–
Berjalan
kesamping masuk ruang kelas (2)
|
– Menggambar makanan 4 sehat 5 sempurna (25)
|
Selasa
|
–
Berdo’a sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan (8)
|
–
Mau berbagi
Makanan dengan teman (5)
|
–
Tanya jawab
tentang manfaat makanan dan minuman (10)
–
Mengulang kalimat
(4) (Nasi berasal dari padi)
|
–
Mengelompokkan
benda- benda untuk makan (3)
|
–
Meloncat dengan
ketinggian 40 cm (3)
|
– Melipat bentuk serbet (30)
|
|
Rabu
|
–
Selalu
mengucapkan terima kasih jika menerima sesuatu (14)
|
–
membantu ibu
membereskan alat makan setelah dipakai
(6)
|
–
Menyanyi “4 sehat,
5 sempurna”
|
–
Mengelompokkan
sayuran dan buah-buahan (25)
|
–
Berdiri diatas
satu kaki mengangkat tumit dengan seimbang (4)
|
– Mencocok
gambar apel (31)
|
|
Kamis
|
–
Mendengar teman
bercerita (16)
|
–
Mau membagi
jajan dengan temannya yang bekalnya
ketinggalan (8)
|
–
Menceritakan
kebiasaan sebelum dan sesudah makan (23)
|
–
Membuat gambar
gelas dengan bentuk geometri (27)
|
–
Berlari sambnil
membawa sendok yang berisi kelereng (5)
|
– Meronce batang ketela (33)
|
|
Jumat
|
–
Mau memohon dan
memberi maaf (17)
|
–
Menghibur teman
dengan memberi jajan pada temannya (17)
|
–
Membuat gambar dan coretan tentang jenis-jenis
makan (26)
|
–
Mengungkap
sebab akibat mengapa kita lapar dan kenyang (6)
|
–
Mengekpresikan
gerakan makan dan minum (9)
|
– Periksa kesehatan, rambut, telinga, mata dan gigi
(61)
– Makan-makanan yang mengandung gizi seimbang /
taman gizi
|
|
Sabtu
|
–
Menyebutkan
mana yang salah dan yang benar (21)
|
–
Mencuci gelas
dan piring setelah makan (24)
|
–
Membaca
buku cerita bergambar sederhana (33)
|
–
Membilang dengan
benda-benda sampai 20
–
(alat - alat
makan) (36)
|
–
Menangkap bola
bersama-sama
|
– Mewarnai gambar keranjang (53)
|
Tema :
Kebutuhanku
Sub Tema : Persyaratan
Makan, sehat, bersih, Memask tidak basi, alat - alat makan dan minuman
Piring,
sendok, gelas, Tata cara menyajikan makanan / miunuman dimeja makan , Manfaat pakaian dan jenis - jenis pakaian
Semester / Minggu : I / IX
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyebutkan
tempat ibadah sesuai agama yang dianutnya (5)
|
–
Membantu
teman yang sedang membuka bekal tidak bisa (6)
|
–
Mengambil
peralatan makanan sendiri (4)
|
–
Mengisi
gelas dengan teh penuh dan ½ gelas
(12)
|
–
Berjalan
sambil membawa teh digelas (2)
|
–
Menggambar
piring dan sendok (25)
|
Selasa
|
–
Menyebutkan
nama kitabnya (6)
|
–
Senang
ketika mendapat makan waktu makan bersama (9)
|
–
Mengelompokkan
gambar kapi, dan topi, tisu dan susu ( 9)
|
–
Memasangkan
gambar sesuai dengan pasangannya (26)
|
–
Berjalan
dengan tumit masuk kelas (5)
|
–
Melipat
baju sederhana (30)
|
|
Rabu
|
–
Mengucapkan
salam bila bertemu (13)
|
–
Tidak
berbicara di meja makan (12)
|
–
Manfaat
makanan bagi tubuh kita ( 10)
|
–
Mengurutkan
gambar baju, celana dan rok
|
–
Memantulkan
dan menangkapo bola kecil diam di tempat atau sambil berjalan (17)
|
–
Mencocok bentuk kemeja (31)
|
|
Kamis
|
–
Mau
meminta maaf dan memberi maaf jika bersalah (16)
|
–
Bersikap
sopan dalam situasi makan (14)
|
–
Menulis
nama sendiri ( 15)
|
–
Mencocok
bilangan dengan lambang bilangan 1-20 (42)
|
–
Mengukur
kepala dan lingkar lengan (60)
|
–
Menulis
minum (47)
|
|
Jumat
|
–
Kegiatan
hari raya Idul Adha (24)
|
–
Merapikan
alat makan selesai digunakan (16)
|
–
Mendengar dan
bercerita ketika memakai baju pesta (16)
|
–
Mengenal
angka dari 1-20 (44)
|
–
Periksa
kesehatan rambut, telinga, mata dan gigi ( 61)
|
–
Mewarnai
gambar gaun Pesta (53)
|
|
Sabtu
|
–
(Menjelaskan
sikap yang baik jika ada orang beribadah (29)
|
–
Dapat
menerima kritik (22)
|
–
Menghubungkan
gambar dengan kata (29)
|
–
Memasangkan
gambar sesuai dengan pasangannya (26)
|
–
Berjalan
dengan tumit masuk kelas (5)
|
–
Menggambar
piring dan sendok (25)
|
Tema :
Kebutuhanku
Sub Tema : Cara
memakai pakaian yang benar dan yang salah, Jenis pakaian (celana, baju,
singlet, dll),Penggunaan pakaian sesuai sikon, Pakaian Daerah (baju bodo, baju
kurung,kebaya), dll.
Semester :
I / X
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyebut agama
yang dianut anak (2)
|
–
Bekerjasama
dengan teman saat bermain balok (2)
|
–
Melakukan 3
perintah : ambil baju, pakai dan dahulukan yang kanan lalu kancingkan (1)
|
–
Mengelompokkan
jenis-jenis pakaian (baju tidur, seragam, pesta, dll) (2)
|
–
Berlari sambil
melompati kardus dengan seimbang (6)
|
– Mencetak gambar kebaya dengan jari
(28)
|
Selasa
|
–
Berpakaian
seragam jika kesekolah (13)
|
–
Sabar ketika
mau mengganti baju renang (7)
|
–
Menirukan
kalimat “pakaian untuk melindungi tubuh” (3)
|
–
Mengungkapkan
sebab akibat mengapa kita harus pakai jaket (6)
|
–
Mengekspresikan
gerakan sesuai dengan lagu “pundak lutut kaki” (11)
|
– Meniru membuat garis menjadi gambar
seragam sekolah (29)
|
|
Rabu
|
–
Memberi tanda √ pada gambar anak yang berpakaian
benar dan tanda X pada yang salah (21)
|
–
Tidak menangis
ketika teman-temannya sudah selesai mengerjakan tugas (8)
|
–
Tanya jawab
tentang jenis-jenis pakaian (10)
|
–
Mengisi
mangkok, piring, lepek dengan beras (22)
|
–
Melambungkan
dan menangkap kantong biji sambil berjalan (18)
|
– Menciptakan bentuk celana dari
kkepingan geometri “menjahit jelujur
gambar baju pesta (37)
|
|
Kamis
|
–
Menunjuk cara
berpakaian yang benar disaat musim hujan (22)
|
–
Berbicara dengan
sopan dengan orang tua (12)
|
–
Menyebutkan
jenis-jenis pakaian ke sekolah (13)
|
–
Memberi tanda D pada gambar baju
pesta, O
baju adat,
baju seragam sekolah. (24)
|
–
Memantulkan bola
kecil sambil melangkah (19).
–
Menimbang
berat badan (58)
–
mengukur
tinggi badan (59)
|
– Menyusun menara kubus menjadi bentuk
lemari (44)
|
|
Jumat
|
–
Membantu teman
membersihkan pakaian yang kena kotoran (24)
|
–
Tidak
berlari-lari didalam kelas (15)
|
–
Menghubungkan
tulisan kaos, celana, rok dan kemeja dengan simbol yang melambangkannya (32)
|
–
Membuat urutan
bilangan 1-10 dengan gambar kaos dalam (38)
|
–
Makan makanan
yang bergizi seimbang / taman ggizi (62)
|
– Makan bersama (62)
|
|
Sabtu
|
–
Berpakaian
seragam jika ke sekolah (13)
|
–
Memuji hasil
karya teman dalam mencetak (28)
|
–
Membaca buku
cerita “pakaian adat” (33)
|
–
Memasangkan
bilangan dengan gambar pakaian yang sesuai jumlahnya (41)
|
–
Membuang
bungkus permen ketempat sampah (24)
|
– Periksa kesehatan rambut, telinga,
mata dan gigi (61)
|
Tema :
Kebutuhanku
Sub Tema : Manfaat
kesehatan dan kebersihan. Cara memelihara kebersihan/kesehatan. Alat-alat
kebersihan.
Akibat
hidup tidak sehat. Macam-macam penyakit yang ditimbulkan tidak memelihara
kesehatan/kebersihan. Cara mencegah bahaya benda/obat.
Semester :
I / XI
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyanyi lagu
“Rukun Islam” (3)
|
–
Melaksanakan
tugas kelompok dalam bermain peran (1)
|
–
Menirukan 4
urutan kata “sapu, kemoceng, serbet, sikat gigi” (2)
|
–
Menunjukkan
benda yang digunakan untuk membersihkan ruangan (1)
|
–
Berjalan
dengan tumit sambil membawa sapu (1)
|
– Menggambar bentuk dokter (27)
|
Selasa
|
–
Berdo`a
sebelum minum obat (8)
|
–
Mentaati
aturan dalam bermain tikus dan kucing (16)
|
–
Tanya jawab
tentang manfaat mandi (6)
|
–
Bermain peran
“Kebersihan Kelas” (9)
|
–
Merangkak
menirukan adik (7)
|
– Mencocok gambar sapu (31)
|
|
Rabu
|
–
Menirukan gerakan
berwudhu (9)
|
–
Menolong teman
yang sakit gigi (19)
|
–
Menyebutkan
suara orang mandi, gosok gigi dan menyapu halaman (8)
|
–
Memberi tanda
= dan ≠ pada gambar kemoceng, sikat gigi,
sapu, sabun. (18)
|
–
Senam fantasi
menirukan orang sakit (12)
|
– Menciptakan alat perkusi dari botol
obat (41)
|
|
Kamis
|
–
Berbicara yang
sopan dengan guru (11)
|
–
Menjawab
pertanyaan mengapa baju harus disetrika (23)
|
–
Bercerita
tentang cara menjaga kebersihan tubuh (16)
|
–
Memperkirakan
urutan berikutnya : sabun, odol, sikat gigi, sabun, odol, sikat gigi, dst.
(29)
|
–
Menendang bola
ke gawang (15)
|
– Memegang pensil dan menulis kalimat
“Dokter mengobati orang sakit” (47)
|
|
Jumat
|
–
Mau menyapa
teman ketika bertemu di jalan (12)
|
–
Memuji teman
yang dapat menggambar (27)
|
–
Mengucapkan
syair lagu “Kebersihan dan Kesehatan” (34)
|
–
Menyebut
urutan bilangan 1-10 dengan lagu “Nama-nama angka” (35)
|
–
Memantulkan
bola kecil ke lantai (diam ditempat) (17)
|
– Periksa kesehatan rambut, telinga,
mata dan gigi (61)
|
|
Sabtu
|
–
Senang bermain
dokter dokteran dengan teman (18)
|
–
Tidak merobek
hasil karya teman dalam mencocok (28)
|
–
Menulis nama
sendiri di buku kotak (36)
|
–
Menyebut huruf
vokal pada kata “Korek api, pisau, obat nyamuk” (43)
|
–
Praktek gosok
gigi (22)
|
– Makan-makan yang mengandung gizi
seimbang/taman gizi (62)
|
Tema :
Binatang
Sub Tema : a.
Jenis binatang/Macam-macam binatang : kesayangan, ternak, liar, serangga.
b.
Makanan binatang : sapi, kambing, harimau, ayam.
Semester :
I / XII
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyebutkan agama
islam (2)
|
–
Antusias dalam
menyanyikan lagu “Kelinciku” (10)
|
–
Menirukan
sapi, ayam, kambing, kelinci
|
–
Mengamati
benda-benda dengan kaca pembesar (4)
|
–
Menirukan
gerakan kelinci melompat (1)
|
– Menggambar bebas “Kelinci” (26)
|
Selasa
|
–
Menyanyi lagu
“Kucingku telu” (3)
|
–
Tiba disekolah
tidak terlambat (14)
|
–
Menirukan
kalimat “Aku sayang kucing” (3)
–
Melingkari
suku kata awal yang sama (9)
|
–
Menunjukkan
kejanggalan gambar “Kucing” (15)
|
–
Merangkak
menirukan kucing (7)
|
– Melipat bentuk kucing (30”
|
|
Rabu
|
–
Menyebutkan masjid,
gereja, wihara. (5)
|
–
Mendoakan
teman yang sakit (18)
|
–
Mengelompokkan
kata-kata ayam, bebek, angsa, burung (13)
|
–
Mengungkapkan
asal muka “Burung” (7)
–
Mengekspresikan
gerakan “seekor anak burung” (10)
|
–
Senam fantasi
menirukan burung terbang (12)
|
– Mencocok gambar burung (31)
|
|
Kamis
|
–
Menyebutkan
Al-Qur`an, injil, dll (6)
|
–
Melaksanakan
tugas sendiri sampai selesai (21)
|
–
Bercerita
tentang serangga (18)
–
Menggambar
bermacam-macam serangga (26)
|
–
Membedakan
benda yang tidak sama jumlahnya (18)
|
–
Melambungkan
bola dan menangkapnya (18)
|
– Mencetak dengan pelepah pisang gambar
serangga (35)
|
|
Jumat
|
–
Cerita
menolong “Ayam yang sakit” (20)
|
–
Tanya jawab
tentang binatang kesayangan (23)
|
–
Melanjutkan
cerita tentang “Si Blirik” (24)
|
–
Memasangkan
binatang kesayangan dengan makanannya (26)
|
–
Senam fantasi
menirukan anak ayam berjalan (12)
|
– Membentuk bentuk ayam dengan plastisin
(38)
– Menimbang berat badan (58)
– Mengukur tinggi badan (59)
|
|
Sabtu
|
–
Mendengarkan
dan memperhatikan teman bicara tentang binatang ternak (16)
|
–
Memuji teman
yang memberi makan kambing (27)
|
–
Menulis nama
binatang “Kambing katak” (32)
|
–
Meniru pada
kubus menjadi kambing (31)
|
–
Merangkak
meniru jalannya kambing (7)
|
– Menggunting gambar kambing (49)
– Makan-makanan yang mengandung gizi
seimbang/tambahan gizi
|
Tema :
Binatang
Sub Tema : Tempat
hidup binatang : di air, di udara, di kandang
Perkembangbiakan
binatang : dari telur sampai anak
Semester :
I / XIII
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyebutkan
kitab suci Al-Qur`an (6)
|
–
Bermain
menirukan ikan berenang, kupu-kupu terbang (3)
–
Tidak boleh
marah saat bermain dengan teman (8)
|
–
Taat pada
aturan permainan waktu bermain (5)
|
–
Membedakan
tempat hidup binatang di air, di udara. (!8)
|
–
Meloncat
dengan ketinggian 45cm (3)
|
– Menggambar binatang ikan (26)
|
Selasa
|
–
Berdoa bila
petir muncul (8)
–
Bercakap-cakap
cara menyapa teman yang baik (12)
|
–
Menghibur
teman yang sedih karena binatang kesayangan mati (17)
|
–
Menyebutkan
suara kucing, ayam, bebek, dll (8)
|
–
Memasangkan
binatang dengan tempat hidupnya (habitatnya) (26)
|
–
Merangkak
seperti kucing (7)
|
– Menirukan bunyi binatang kesayangan
(41)
|
|
Rabu
|
–
Mendengarkan
teman bercerita tentang aquarium (16)
|
–
Berani
bertanya tentang tempat hidup binatang dan berkembangnya (23)
|
–
Melingkari
gambar ikan berkepala kupu-kupu (17)
|
–
Memperkirakan
urutan binatang yang hidup di air, udara, dan darat (29)
|
–
Menirukan
gerakan Tari Aruni (!4)
|
– Membuat bentuk ikan dengan daun pisang
(35)
|
|
Kamis
|
–
Senang bermain
dengan teman (18)
|
–
Tanya jawab
mentaati aturan yang dibuat saat bermain dengan teman (16)
|
–
Bersenandung
lagu “Seekor anak burung” (14)
|
–
Membedakan
tempat hidup binatang di air, di udara, di tanah, di kandang (18)
|
–
Meloncat
dengan ketinggian 45cm (3)
|
– Melipat bentuk burung (30)
|
|
Jumat
|
–
Tanya jawab
tentang kejujuran (19)
|
–
Bercakap-cakap
tentang menolong teman yang susah (19)
|
–
Menyebutkan
ayam, itik, angsa, burung. (28)
|
–
Memperkirakan
urutan binatang yang hidup di air, udara, dan darat (29)
|
–
Berjalan
menirukan gerakan burung terbang (7)
|
– Menggunting gambar kkupu-kupu (49)
|
|
Sabtu
|
–
Menghormati
perayaan hari besar agama lain (32)
|
–
Melaksanakan
tugas mencari jejak kucing mencari tikus (24)
|
–
Menceritakan
tempat hidup binatang yang diketahjui anak-anak (31)
|
–
Memasangkan
binatang dengan tempat hidupnya (habitatnya (26)
|
–
Melakukan
permainan tiukus dan kucing (16)
|
– Mencampur warna : merah dengan kuning,
dst (43)
– Periksa kesehatan rambut, telinga,
mata dan gigi (61)
|
Tema :
Bintang
Sub Tema : Bahaya
Binatang : Mencakar, Mengigit, dll
Ciri
- ciri Binatang : Kaki 2, 4 bertanduk,
bersayap
Kegunaan
Binatang : Daging di makan , bulu pembersih, sapi bajak sawah
Cacing
gemburkan tanah, dll
Semester :
I / XIV
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
– Menyebutkan
Nama - nama agama di Indonesia (1)
|
–
Bicara yang sopan saat bertanya
kepada Guru (12)
|
– Ambil
kapur, gambar Binatang berkaki dua, sebut namanya, kembalikan kapur pada
tempatnya (1)
|
– Mencari
Binatang yang berkaki dua
|
–
Berayun pada tangga majemuk (4)
|
– Menganyam
dari kertas (34)
|
Selasa
|
– Bersyair
“ Dua ekor kelinci”
|
–
Bertanggung Jawab atas tugasnya
(24)
|
– Menyanyi
lagu “ Kelinci (15)
|
– Mengenal
binatang berkaki 2 dan berkaki 4(17)
– Menyusun
puzzle gambar kelinci (4)
|
–
Lari Rintangan
|
– Membuat
bentuk binatang Dari kain perca
|
|
Rabu
|
– Mau
meminta maaf bila melakukan kesalahan pada teman (17)
|
–
Dapat bekerja sama dengan teman
waktu bermain (2)
|
– Mentaati
aturan tentang bahaya Binatang (5)
|
– Menulis
tulisan “ Binatang Buas”(15)
|
–
Memasukkan bola ke gawang (15)
|
– Mewarnai
gambar harimau (53)
|
|
Kamis
|
– Suka
menolong binatang yang sakit (20)
|
–
Mendoakan teman yang sakit (18)
|
– Cerita tentang bahaya bintang (23)
|
– Memberi
tanda √ pada kelompok
bintang buas (25)
|
–
Memantulkan bola besar diam di
tempat (17)
|
– Membuat
bentuk bintang yang disukai dengan plastisin(38)
|
|
Jumat
|
– Tanya
Jawab tentang cara menghormati perayaan agama (32)
|
–
Tata cara menghargai orang lain /
teman
|
– Cerita ciri - ciri binatang berkaki 2 (ayam)
(14)
|
– Menunjuk
bintang yang berkaki dua bersayap (21)
|
–
Lari Rintangan (6)
|
– Tepuk
tangan berirama 1,2,3 (42)
|
|
Sabtu
|
– Memberi
tanda gambar yang benar dan salah
|
–
Mau menerima saran saat mendekat
pada binatang (22)
|
– Menyebutkan
binatang yang suara awalnya sama ( hiu, harimau, singa, sungai)
|
– Memberi
warna merah pada gambar binatang buas yang jumlahnya banyak (28)
|
–
Memantulkan bola besar dengan
memutar badan (19)
|
– Mozaik
gambar hiu (51)
– Menimbang
berat badan (58)
– Mengukur
Tinggi badan (59)
|
Tema :
Tanaman
Sub Tema : Macam -
macam Tanaman
Semester :
I / XV
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
–
Menyanyi Lagu
“Rukun Islam “(3)
|
–
Sabar menunggu
giliran ketika bermain lompat tali (7)
|
–
Menirukan : Mangga, rambutan ,anggur dll (2)
|
–
Mengerjakan
maze “mencari pohon cabe”(13)
|
–
Berjalan
kesamping dengan membawa mangkok berisi biji- bijian
|
– Menggambar tanaman perdu (25)
|
Selasa
|
–
Menyebutkan
kitab suci Al - Quran(7)
|
–
Bercerita
tentang tanaman yang ada dirumah (20)
|
–
Bercakap
-cakap tentang gambar seri cara merawat tanaman (7)
|
–
Bermain
mengisi wadah dengan biji asam (23)
|
–
Berdiri dengan
1 kaki (9)
|
– Mencetak dengan jari jempol (28)
|
|
Rabu
|
–
Menyiram
Tanaman didepan rumah (10)
|
–
Mau menerima
ketika di ingatkan guru tentang kebiasaan kurang baik (22)
|
–
Menirukan suku
awal sama sawi, sawo, dll (11)
|
–
Memasangkan
anggur dengan pohon anggur, terong dengan tanaman terong (26)
|
–
Naik sepeda
roda 2 (9)
|
– Menirukan tulisan “TANAMAN “ (48)
|
|
Kamis
|
–
Memberi tanda √ pada gambar Anak yang menyiram bunga,
tanda x gambar anak yang merusak bunga (22)
|
–
Pohon terong
berbuah mangga atau sebaliknya (25)
|
–
Menirukan “
rumput berwarna hijau “ (20)
|
–
Menyusun
gambar buah sesuai angka 1, 2 , 3 , 4 , 5, dari yang paling besar (34)
|
–
Menirukan
senam sehat ceria (11)
|
– Menganyam dengan daun pisang (34)
|
|
Jumat
|
–
Bercerita
tentang cara memelihara lingkungan (26)
|
–
Mau memuji
temannya (27)
|
–
Menggambar dan
bercerita tentang 2 gambar pohon yang sudah dibuatnya (22)
|
–
Menyebutkan
urain bilangan 1-20 (35)
|
–
Senam fantasi
meniru pohon mangga yang tertiup angin sepoin- sepoi dengan kencnag (12)
|
– Melipat , mencoret, dan menggunting
kertas lipat, menjadi bentuk daun cabe
(30)
|
|
Sabtu
|
–
Pawai ta’aruf
memperingati tahun baru Hijriyah (29)
|
–
|
–
Membaca buku
cerita, sederhana ( Cabe/ tomat) (33)
|
–
Menunjuk angka
1-10 dengan permainan kartu angka (37)
|
–
Priksa kesehatan
rambut, telinga, mata dan gigi (61)
|
–
|
Tema :
Tanaman
Sub Tema : Fungsi
Tanaman : di Makan ( Buah, sayur, sayuram dll)
Cara
menanam tanaman
Semester :
I / XVI
Kelompok : B
Hari
/ Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
– Syair
buah Tomat (4)
|
–
Mengerjakan menanam biji- bijian
dalam satu kelompok(1)
|
–
Menirukan “
Jagung ditanam dengan biji, singkong ditanam dengan batang (3)
|
– Menceritakan
tentang pertumbuhan tanaman jagung, kacang, padi, dll (4)
|
–
Memanjat bergantung dan berayun
(4)
|
– Menggambar
macam - macam buah (26)
|
Selasa
|
– Tanya
Jawab tentang menghormati orangtua (15)
|
–
Berbagi cerita tentang menanam
jagung dengan temannya (5)
|
–
Menjawanb
tentang macam- macam tanaman yang bisa dimakan & ditanam untuk hiasan (6)
|
– Mengungkapkan
asal mula terjadinya nasi (7)
|
–
Berlari sambil melompat (6)
|
– Menganyam
dengan daun pisang, membuat tikar (34)
|
|
Rabu
|
– Mendengarkan
teman bercerita tentang pengalaman menanam jagung (16)
|
–
Senang mendapat bintang 4 (10)
|
– Menghubungkan
tulisan jagung dengan gambar jagung (12)
|
–
Bermain peran
menjadi Pak Tani, yang menanam Padi di sawah.
–
Bermain peran
menjadi Penjual bunga,
– Bermain peran menjadi pedagang sayur di pasar (9)
|
–
Menendang bola ke depan dan
kebelakang (15)
|
– Menciptakan
berbagai bentuk tanaman menggunakan Play dough / Tanah liat (38)
|
|
Kamis
|
– Eksperimen
menanam jagung , kacang, padi pada gelas aqua (25)
|
–
Bercakp -cakap tentang tata
tertib saat melakukan eksperimen (14)
|
– Bercerita
tentang pengalaman melihat Pak tani menanam Padi di sawh (18)
|
– Demonstrasi
meniombang buah jambu dengan tumbangan sesungguhnya. ( 19).
|
–
Lomba melambungkan dan menangkap
kantong biji sambil berjalan. (18).
|
– Membuat
berbagai bunyi dengan botol aqua yang berisi biji- bijian (42)
|
|
Jumat
|
– Memperingati
hari besar agama (29)
|
–
Menggambar pohon dan memuji
gambar temannya. (SE.28)
|
– Bercerita
tentang pak tani dan si kancil (B. 22).
|
– Membedakan
berat tanaman jagung, padi, kacang dll. (K. 21).
|
–
Kegiatan menggosok gigi (22)
|
– Mozaik
gambar jagung ketela, bunga mawar dengan bentuk OD(51)
|
|
Sabtu
|
– Bercakap
- cakap cara bergaul dengan teman yang beragama berbeda (31)
|
–
Menghargai teman. (SE. 29)
|
– Membaca
buku cerita macam-macam bunga (
33).
|
– Memberitahu
tanaman yang ditanam dengan biji, batang dan anak. (23)
|
–
Membuat Alat perkusi dari gelas
air mineral yang diisi biji asem (41)
–
Menimbang berat badan (58)
|
–
|
Tema :
Tanaman
Sub Tema : Cara
Memelihara Tanaman : Disiram, dipupuk, dibersihkan
Bagian
- bagian tanaman : akar, batang, ranting, daun, buah
Semester :
I / XVII
Kelompok : B
Hari / Tanggal
|
Karakter
|
NAM
|
SE
|
Bahasa
|
Kognitif
|
FK
|
FH
|
Senin
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Jujur
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Toleransi
·
Tanggung Jawab
|
– Praktek
Sholat Shubuh (9)
|
–
Bermain permainan “ arah omponh “
–
Bekerja sama membuat hiasan kelas
(2)
|
– Melakukan
perintah” ambil air dengan gayung, siramkan pada tanaman bunga - bunga(1)
|
– Menyebutkan
& menceritakan perbedaan tanaman yang di rawat & tidak di rawat (3)
|
–
Lomba Balap sepeda
|
– Membentuk
bentuk- bentuk tanaman dari kertas (35)
|
Selasa
|
– Tanya
Jawab , Tata cara berbicara yang sopan
(11)
|
–
Main - main dengan teman
|
– Mengulang
Kalimat “ Cara memelihara tanaman “ (dipupuk, disiram dll ) (4)
|
– Mengungkapkan
sebab akibat mengapa tanaman bisa mati (6)
|
–
Tari Lilin (10)
|
– Kolase
gambar buah mangga, dengan ampas kelapa (50)
|
|
Rabu
|
– Bercerita
Anak yang suka meminta maaf (17)
|
–
Bercakap -cakap tentang bicara yang sopan dengan orang tua
(12)
|
– Bertanya
Tentang fungsi akar daun(10)
|
– Mengekspresikan
gerakan sesuai lagu “ Bapak Tani (10)
|
–
Bergerak bebas mengikuti irama
lagu , macam- macam bunga (11)
|
– Melukis
dengan berbagai Media membentuk tanaman pohon (57)
|
|
Kamis
|
– Bercakap
- cakap anak yang suka menolonh (20)
|
–
Tata cara menghibur teman yang
sedih (17)
|
– Mengelompokkan
bagian - bgaian tanaman (13)
|
– Menyusun
kepingan puzzle gambar bunga Mawar(14)
|
–
Senam Fantasi menirukan tanaman
terkena angin ( sepoi - sepoi,
kencang- kencang sekali) (12)
|
– Menimbang
berat badan (58)
|
|
Jumat
|
– Menunjukkan
perbuatan yang benar dan salah, pada gambar anak yang merawat & merusak
tanaman (22)
|
–
Berani bertanya dan menjawab
pertanyaan (23)
|
– Menyanyi
l;agu “ Melati Kenanga “ (15)
|
– Mengukur
Panjangh Batang pohon ketela dengan jengkal (20)
|
–
Membuang sampah setelah selesai
makan (24)
|
– Mengukur
tinggi badan (59)
|
|
Sabtu
|
– Menyiram
Tanaman dengan air secukupnya (27)
|
–
Melaksanakan kegiatan sampai
selesai (24)
|
– Membuat
sajak sederhana dengan judul “ Bungaku”
|
– Mengelompokkan
gambar bagian - bagian tanaman (25)
|
–
|
– Periksa
kesehatan, rambut, telinga, mata & gigi(61)
|