Contoh RPP IPA Kelas 5 Semester 2
RPP
Satuan Pendidikan : SDN DAWUHAN LOR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : V/II
Tema :Cahaya
dan Sifatnya
Waktu
: ….x 35 menit (1x pertemuan)
A.
Standart
Kompetensi:
Menerapkan
sifat-sifaat Cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/ model
B.
Kompetensi
dasar:
Mendiskripsikansifat-sifat
cahaya
C.
Indikator:
Pertemuan I
a.
Kognitif
Proses : Mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki
sifat cahaya merambat lurus.
b.
Afektif
Bertanya jawab dengan teman mengenai percoaan yang
menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
c.
Psikomotor
Mendemostrasikan percobaan yang menyelidiki sifat
cahaya merambat lurus
D.
Tujuan
Pembelajaran:
Siswa mampu
mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
Siswa mampu
mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya Dapat menembus benda
bening
Siswa mampu
mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya Dipantulkan
Siswa mampu
mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya Dibiaskan
Siswa mampu
mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya diuraikan
Siswa mampu
member contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari
Siswa mampu menjelaskan pemantulan pada cermin
(datar,cekung,cembung)
E.
Materi
Pokok:
Cahaya dan
sifatnya
F.
Metode:
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Kerja kelompok
Kerja individu
Pemberiantugas
Kegiatan
laboratorium
G.
Langkah
–langkah kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan awal:
Apersepsi: Guru
mengkondisikan kelas dengan presensi
Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam, berdoa
Guru
mengajak siswa untuk mempelajari sifat cahaya
Motivasi: Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru
mengaitkan pembelajaran dengan materi terdahulu yang masih berkaitan
2. Kegiatan inti:
Eksplorasi:
Guru menggali potensi siswa dengan cara menunjuk salah
satu siswa untuk mendemonstrasikan percobaan yang menyelidiki sifat cahaya
merambat lurus
Elaborasi:
Guru mendemostrasikan cara muda dalam menentukan sifat
cahaya merambat lurus
Siswa diajak untuk mengamati percobaan yang
menyelidiki sifat cahaya merambat lurus
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ketua kelompok melaporkan hasil diskusi dan guru
mengevaluasi
Guru menanyakan tentang benda tembus cahaya setelah
melakukan kegiatan
Murid melaporkan dan guru membimbing
Guru membuat kesimpulan
Siswa menerima lembar kerja individu
Siswa mengerjakan lembar kerja individu
3. Kegiatan Penutup:
Refleksi:
Siswa mengumpulkan lembar kerja individu
Tanya jawab tentang maateri
Guru member tugas
Pelajaran ditutup dengan berdoa
H. Alat,Sumber belajar, dan Media:
Buku IPA kelas V
Majalah, Koran
Internet dan
sumber belajar lain yang relevan
I.
Penilaian:
Jenis Test :
tes tulis dan diskusi
Bentuk test
: Subyektif dan obyektif
Alat penilaian :
Soal tulis
Skor penilaian
Prosedur
Penilaian : Penilaian proses
Bentuk
instrument : Lembar kerja
individu
Lembar kerja kelompok
Tinak lanjut : Lembar kerja individu
Perbaikan
yang belum mencapai KKM
Pengayaan yang belum mencapai KKM
J.
Lampiran-lampiran:
Ringkasan materi
Media gambar
Lembar kerja
siswa
Evaluasi
Perbaikan
pengayaan
Kunci latihan
tugas kelompok dan mandiri
Lembar penilaian
Mengetahui
Kepala sekolah Guru
kelas
SUBUR HANDOKO, S.Pd.M.M.Pd KRISTIANAH,
S,Pd
NIP: 19621110 198303 1 021
NAMA : KRISTIANAH
NIM : 826107391
JUDUL PTK:
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA
DAN SIFATNYA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI SDN DAWUHAN
LOR. PURWOASRI, KEDIRI
<< Beranda