Artikel Terkait

Contoh Laporan Hasil Baca Buku



LAPORAN HASIL BACA
      I.            Identitas buku
1.      Judul                           : Habis Gelap Terbitlah Terang
2.      Penulis                         : Armijn Pane
3.      Tahun terbit                 : 2011
4.      Penerbit                       : PT. BALAI PUSTAKA
   II.            Sinopsis
Raden Ajeng Kartini dilahirkan di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Beliau adalah putri dari Bupati Jepara Raden Mas Adipati Sastrodiningrat. Saat beliau kecil bersekolah di Jepara. Di masa sekolah beliau baru merasa bebas ketika berumur 12 tahun, tetapi kartini tidak boleh keluar lagi secara bebas selama 4 tahun. Ketika berumur 16 tahun, baru kartini bisa melihat dunia luar.

            Saat Raden Ajeng Kartini menginjak dewasa, beliau menilai kaum wanita penuh dengan kehampaan, kegelapan, dan ketiadaan dalam perjuangan yang tidak lebih sebagai perabot kaum laki-laki yang bekerja secara alamiah hanya mengurus dan mengatur rumah tangga. Beliau tidak bisa menerima itu, walaupun dirinya berasal dari kaum bangsawan, namun tidak mau ada perbedaan tingkatan derajat.
             
            Beliau sering turun berbaur dengan masyarakat bawah yang bercita-cita merombak perbedaan status sosial pada waktu itu dengan semboyan “Kita harus membuat sejarah, kita mesti menentukan masa depan kita yang sesuai dengan keperluan kita sebagai kaum wanita dan harus mendapatkan pendidikan yang cukup seperti halnya kaum laki-laki.”  Raden Kartini lah yang mempelopori pendidikan tinggi setara dengan pemerintah kolonial Belanda dan terus memberi semangat kaum perempuan untuk tampil sama dengan kaum laki-laki.

Raden Ajeng Kartini wafat pada usia 25 tahun, beliau meninggalkan bangsa indonesia saat usia masih sangat muda. Perjuangan Raden Ajeng Kartini berhasil menempatkan kaum peremouan ditempat yang layak yang sejajar dengan kaum laki-laki dan mengangkat derajat kaum perempuan dari tempat gelap ke tempat terang, sesuai karyanya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang.”
III.            Kelebihan buku
Pada buku ini terdapat kumpulan surat yang diterima ataupun yang dikirim oleh Kartini semasa hidupnya.
IV.            Kekurangan buku
Sulit dipahami karena kata-katanya mengggunakan bahasa lampau.
   V.            Simpulan
Ada beberapa hal yang membuat Kartini menjadi perempuan yang menarik perhatian, salah satunya adalah perjuangan jiwanya dan perjalanan rohaninya dapat menjadi inspirasi bagi kaum hawa.
           

Artikel Terkait

Cerita Rakyat Gunung Tangkuban Perahu

  Gunung Tangkuban Perahu: Cerita Rakyat Indonesia yang Menarik Indonesia kaya akan cerita rakyat yang memikat hati dan menyimpan pesan mora...