Universitas Pertahanan atau biasa disebut dengan UNHAN ( bahasa Inggris : Indonesian Defense University atau IDU ) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi , sarjana , dan pascasarjana di bidang pertahanan dan bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada
Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Pada Kelas XI IPS 2 Di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III
Abstrak
Media Harja, 2011. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Pada Kelas XI IPS 2 Di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) pada kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III dan melihat aktivitas siswa dalam penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) pada kelas kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu, (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Subjek yang diteliti adalah 23 siswa kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III tahun pelajaran 2010/2011. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together). Data proses pembelajaran diperoleh dari angket keterlibatan siswa.
Model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rincian pada Siklus I dan Siklus II diperoleh hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 13,05 % dan aktivitas keterlibatan siswa terjadi peningkatan sebesar 30,44 %.
Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III.
Kata Kunci :
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together).
Media Harja, 2011. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Pada Kelas XI IPS 2 Di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) pada kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III dan melihat aktivitas siswa dalam penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) pada kelas kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu, (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Subjek yang diteliti adalah 23 siswa kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III tahun pelajaran 2010/2011. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together). Data proses pembelajaran diperoleh dari angket keterlibatan siswa.
Model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rincian pada Siklus I dan Siklus II diperoleh hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 13,05 % dan aktivitas keterlibatan siswa terjadi peningkatan sebesar 30,44 %.
Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III.
Kata Kunci :
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together).
Komentar
Posting Komentar