Jumat, 12 Agustus 2011

Intentional Spelling : Seven Steps to Eliminate Guessing, By : Michelle Newsland (2011)

Judul : Ejaan Yang Disengaja : Tujuh Langkah untuk Menghilangkan Menebak
Oleh : Michelle Newlands

Latar Belakang :
Ejaan ? Apakah Ejaan harus perlu diajarkan ? Apakah pembelajaran Ejaan sangat Berarti untuk siswa ? Apakah Ejaan benar-benar berarti ?

Permasalahan :
 Siswa Masih sangat kurang tentang memahami Ejaan
 Akan menghindari menggunakan kata-kata yang tidak bisa ia mengeja/mengerti
 Kesuliatan untuk membangun kosa kata dan keterampilan membaca/menulis

Fakta :
 Ejaan memiliki banyak hubungan, terutama dengan bagaimana kita dapat membuat tulisan. Sebuah kesalahan dalam susunan surat, akan dapat membuat kita merasa bodoh, juga dapat menghilangkan harga diri kita. Hal ini berlaku baik orang dewasa dan anak-anak.
 Siswa yang mempunyai permasalahan dalam ejaan akan menghindari menggunakan kata-kata yang mereka tidak bisa mengeja. Ketika ini terjadi, mereka kehilangan kesempatan untuk membangun kosa kata dan keterampilan membaca mereka
 Beberapa guru berpendapat bahwa mendedikasikan jam/waktu untuk menghafal aturan-aturan ejaan adalah akan membuang waktu sia-sia.
 Menurut Penulis, menganjurkan mendedikasikan waktu untuk memberikan instruksi, yang ditargetkan mendorong pengembangan keterampilan ejaan dan penguasaan metode instruksi ejaan

Metode Penelitian
 Penelitian Studi kasus
 Pengamatan/Observasi & Studi Literatur

Hasil :
 metode instruksi ejaan, instruksi yang ditargetkan yaitu mendorong pengembangan keterampilan dan penguasaan ejaan
 Tujuan dari instruksi ejaan yang efektif adalah memberikan siswa dengan strategi yang akan membantu mereka dalam menemukakan ejaan kata yang sulit
 Strategi instruksi dapat dimasukkan ke dalam setiap program menulis efektif dan dapat berkontribusi untuk menciptakan berpikir lebih kritis, dan memahami cara kerja kata
 Tujuh prinsip dasar, siswa dapat memahami keterampilan ejaan; 1) Tahu aturan, 2) Amati pola dan tren, 3) Terapkan strategi, 4) Menganalisis kesalahan & memperbaikinya, 5) Cobalah strategi baru jika pada awalnya anda tidak berhasil, 6) Percayai naluri Anda & menunjukkan kepercayaan diri, 7) Menyenangkan

Refleksi :
Guru diharapkan memyediakan waktu untuk mendorong siswa dalam memahami metode instruksi ejaan.

Daftar Pustaka :
Newsland Michella. (2011). Intentional spelling : Seven steps to eliminate guessing. The Reading Teacher, 64(7), 531-534.

Jurnal The Reading Teacher, 64(7),531-534

Tugas Martikulasi Prof. Chuzaimah.D. Diem,M.LS.Ed.D

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda