Universitas Pertahanan atau biasa disebut dengan UNHAN ( bahasa Inggris : Indonesian Defense University atau IDU ) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi , sarjana , dan pascasarjana di bidang pertahanan dan bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada
Judul : Ejaan Yang Disengaja : Tujuh Langkah untuk Menghilangkan Menebak
Oleh : Michelle Newlands
Latar Belakang :
Ejaan ? Apakah Ejaan harus perlu diajarkan ? Apakah pembelajaran Ejaan sangat Berarti untuk siswa ? Apakah Ejaan benar-benar berarti ?
Permasalahan :
Siswa Masih sangat kurang tentang memahami Ejaan
Akan menghindari menggunakan kata-kata yang tidak bisa ia mengeja/mengerti
Kesuliatan untuk membangun kosa kata dan keterampilan membaca/menulis
Fakta :
Ejaan memiliki banyak hubungan, terutama dengan bagaimana kita dapat membuat tulisan. Sebuah kesalahan dalam susunan surat, akan dapat membuat kita merasa bodoh, juga dapat menghilangkan harga diri kita. Hal ini berlaku baik orang dewasa dan anak-anak.
Siswa yang mempunyai permasalahan dalam ejaan akan menghindari menggunakan kata-kata yang mereka tidak bisa mengeja. Ketika ini terjadi, mereka kehilangan kesempatan untuk membangun kosa kata dan keterampilan membaca mereka
Beberapa guru berpendapat bahwa mendedikasikan jam/waktu untuk menghafal aturan-aturan ejaan adalah akan membuang waktu sia-sia.
Menurut Penulis, menganjurkan mendedikasikan waktu untuk memberikan instruksi, yang ditargetkan mendorong pengembangan keterampilan ejaan dan penguasaan metode instruksi ejaan
Metode Penelitian
Penelitian Studi kasus
Pengamatan/Observasi & Studi Literatur
Hasil :
metode instruksi ejaan, instruksi yang ditargetkan yaitu mendorong pengembangan keterampilan dan penguasaan ejaan
Tujuan dari instruksi ejaan yang efektif adalah memberikan siswa dengan strategi yang akan membantu mereka dalam menemukakan ejaan kata yang sulit
Strategi instruksi dapat dimasukkan ke dalam setiap program menulis efektif dan dapat berkontribusi untuk menciptakan berpikir lebih kritis, dan memahami cara kerja kata
Tujuh prinsip dasar, siswa dapat memahami keterampilan ejaan; 1) Tahu aturan, 2) Amati pola dan tren, 3) Terapkan strategi, 4) Menganalisis kesalahan & memperbaikinya, 5) Cobalah strategi baru jika pada awalnya anda tidak berhasil, 6) Percayai naluri Anda & menunjukkan kepercayaan diri, 7) Menyenangkan
Refleksi :
Guru diharapkan memyediakan waktu untuk mendorong siswa dalam memahami metode instruksi ejaan.
Daftar Pustaka :
Newsland Michella. (2011). Intentional spelling : Seven steps to eliminate guessing. The Reading Teacher, 64(7), 531-534.
Jurnal The Reading Teacher, 64(7),531-534
Tugas Martikulasi Prof. Chuzaimah.D. Diem,M.LS.Ed.D
Oleh : Michelle Newlands
Latar Belakang :
Ejaan ? Apakah Ejaan harus perlu diajarkan ? Apakah pembelajaran Ejaan sangat Berarti untuk siswa ? Apakah Ejaan benar-benar berarti ?
Permasalahan :
Siswa Masih sangat kurang tentang memahami Ejaan
Akan menghindari menggunakan kata-kata yang tidak bisa ia mengeja/mengerti
Kesuliatan untuk membangun kosa kata dan keterampilan membaca/menulis
Fakta :
Ejaan memiliki banyak hubungan, terutama dengan bagaimana kita dapat membuat tulisan. Sebuah kesalahan dalam susunan surat, akan dapat membuat kita merasa bodoh, juga dapat menghilangkan harga diri kita. Hal ini berlaku baik orang dewasa dan anak-anak.
Siswa yang mempunyai permasalahan dalam ejaan akan menghindari menggunakan kata-kata yang mereka tidak bisa mengeja. Ketika ini terjadi, mereka kehilangan kesempatan untuk membangun kosa kata dan keterampilan membaca mereka
Beberapa guru berpendapat bahwa mendedikasikan jam/waktu untuk menghafal aturan-aturan ejaan adalah akan membuang waktu sia-sia.
Menurut Penulis, menganjurkan mendedikasikan waktu untuk memberikan instruksi, yang ditargetkan mendorong pengembangan keterampilan ejaan dan penguasaan metode instruksi ejaan
Metode Penelitian
Penelitian Studi kasus
Pengamatan/Observasi & Studi Literatur
Hasil :
metode instruksi ejaan, instruksi yang ditargetkan yaitu mendorong pengembangan keterampilan dan penguasaan ejaan
Tujuan dari instruksi ejaan yang efektif adalah memberikan siswa dengan strategi yang akan membantu mereka dalam menemukakan ejaan kata yang sulit
Strategi instruksi dapat dimasukkan ke dalam setiap program menulis efektif dan dapat berkontribusi untuk menciptakan berpikir lebih kritis, dan memahami cara kerja kata
Tujuh prinsip dasar, siswa dapat memahami keterampilan ejaan; 1) Tahu aturan, 2) Amati pola dan tren, 3) Terapkan strategi, 4) Menganalisis kesalahan & memperbaikinya, 5) Cobalah strategi baru jika pada awalnya anda tidak berhasil, 6) Percayai naluri Anda & menunjukkan kepercayaan diri, 7) Menyenangkan
Refleksi :
Guru diharapkan memyediakan waktu untuk mendorong siswa dalam memahami metode instruksi ejaan.
Daftar Pustaka :
Newsland Michella. (2011). Intentional spelling : Seven steps to eliminate guessing. The Reading Teacher, 64(7), 531-534.
Jurnal The Reading Teacher, 64(7),531-534
Tugas Martikulasi Prof. Chuzaimah.D. Diem,M.LS.Ed.D
Komentar
Posting Komentar