Universitas Pertahanan atau biasa disebut dengan UNHAN ( bahasa Inggris : Indonesian Defense University atau IDU ) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi , sarjana , dan pascasarjana di bidang pertahanan dan bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada
“Aren’t theses Boy Books ? ” High school Students’ Readings of Gender in Graphic Novels. By : Robin A. Moeller
Abstrak
Artikel ini membahas peran gender dalam membaca novel grafis oleh remaja. Ini mengkaji pengalaman penulis menjadi seorang spesialis media perpustakaan sekolah yang pemberitahuan bahwa mayoritas pembaca novel grafis di sekolah adalah laki-laki. Penulis menyajikan informasi tentang
penggambaran novel grafis di media massa dan persepsi siswa perempuan bahwa novel grafis dan
buku manga yang ditulis untuk anak laki-laki.Penulis kemudian berpendapat bahwa mutlak
berhubungan dengan membaca dan biologis tidak ada dan menyajikan informasi dari studi penelitian
memeriksa sifat cairan gender dalam terang membaca dan keaksaraan.Jenis penelitian Deskriptif/PTK
Pemanfaatan teman sebaya.Subjek Penelitian : SMA Midwestern berjumlah 1.565 siswa di kelas 9-12. Hasil penelitian : Posisi ideologis ketika membaca novel grafis menegaskan gagasan bahwa novel grafis adalah buku-buku anak. Kaitannya dengan Perbedaan Jenis Kelamin Dirasakan di Preferensi Novel Grafis menyiratkan bahwa persepsi populer pembaca novel grafis terkait dengan gender.
Latar Belakang
Laporan yang dibuat oleh praktisi pendidikan dan media umum juga menunjukkan bahwa novel grafis
memegang daya tarik lebih untuk anak laki-laki. Ini bangsa yang novel grafis yang menarik hanya satu jenis kelamin membuat saya mempertanyakan apakah pendidik harus menggunakan novel grafis
dalam kurikulum. Untuk menjelajahi bagaimana kategori budaya gender dihubungkan dengan cara di mana siswa SMA membaca novel grafis.
Metode
Penelitian Deskriptif / PTK Pemanfaatan teman sebaya.
Subjek Penelitian : SMA Midwestern berjumlah 1.565 siswa di kelas 9-12.
Langkah Penelitian :
1. Mengajak Kolaborator ( 1 Lk)
2. Merekrut mereka untuk berpartisipasi. merekrut asistennya mahasiswa perpustakaan (siswa di kelas 9-12 IPS), yaitu : 15 siswa SMA terdiri 8 pr & 7 lk
3. Para peserta diminta untuk membaca tiga novel grafis yang dipilih secara acak dari Novel Grafis Besar Untuk Remaja
4. Setelah membaca setiap novel grafis, para siswa berpartisipasi dalam satu wawancara kelompok
5. Pembentukan Kelompok : berdasarkan jenis kelamin.
6. Diskusi ( 45 ‘ ) di dokumentasikan. Setiap kelompok sering, mengembangkan konsensus tentang isu-isu yang dibahas. Poin kesepakatan di antara tanggapan siswa tercermin dalam hasil penelitian ini, yaitu pada ide-ide dan konsep yang diberikan oleh siswa, dengan pertanyaan yang lebih spesifik dan siswa juga memiliki kesempatan untuk memberikan pendapat, saran.
7. Wawancara akhir fokus kelompok diminta pendapatnya, apakah dan bagaimana novel grafis harus digunakan dalam konteks sekolah.
8. Setiap siswa juga diwawancarai ( 30 ‘) : secara individual pada kelompoknya.
9. Analisis data : wawancara individu ditranskripsi untuk analisis. analisis pendekatan theory grounded untuk coding dalam dua tahap; coding awal dan terfokus.
kode awal bersifat sementara, komparatif dan didasarkan pada data (hal.48) sedangkan
kode difokuskan memungkinkan peneliti untuk" mensintesis dan menjelaskan segmen yang lebih besar dari data "(hal.57) dengan menggunakan awal yang paling signifikan atau sering .
kode sebagai saringan penyempurnaan kode terfokus menyebabkan pengembangan kategori atau proses Beberapa kategori baru dikembangkan dan proses dapat dijelaskan oleh teori Hall dalam pilihan bacaan.
10. Untuk mengamankan keabsahan penelitian ini, saya bertanya kepada seorang peer reviewer dis-tertarik untuk meneliti sebagian data saya bersama dengan kode-kode yang cukup dan reasonbly didukung oleh data dari studi.
Hasil
1. Posisi ideologis ketika membaca novel grafis
menegaskan gagasan bahwa novel grafis adalah buku-buku anak.
2. Kaitannya dengan Perbedaan Jenis Kelamin Dirasakan di Preferensi Novel Grafis
menyiratkan bahwa persepsi populer pembaca novel grafis, pada kenyataannya, yang terkait dengan gender.
3. Bagaimana murid berpikir novel grafis harus digunakan dalam konteks sekolah?
novel grafis harus digunakan di sekolah.
4. Implikasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membaca novel grafis baik dinikmati dan dihargai todiffering derajat oleh siswa SMA, laki-laki dan fermale,
Saran
untuk penelitian masa depan :
Mencari data yang berbeda (tdk homogen), tujuan :
- mempelajari lebih jauh ke pertanyaan yang akan menciptakan gambaran kaya cara di mana siswa SMA membaca gender dalam novel grafis,
- pertanyaan yang akan mengeksplorasi bagaimana isu-isu etnis, ras, dan kelas mungkin mempengaruhi siswa ketika mereka membaca gender dalam novel grafis
- eneliti kedepan di harapkan ada penggambaran ras dalam novel-novel grafis disertakan pada Novel grafis yang hebat untuk daftar buku remaja.
Tugas Prof. Chuzaimah
Artikel ini membahas peran gender dalam membaca novel grafis oleh remaja. Ini mengkaji pengalaman penulis menjadi seorang spesialis media perpustakaan sekolah yang pemberitahuan bahwa mayoritas pembaca novel grafis di sekolah adalah laki-laki. Penulis menyajikan informasi tentang
penggambaran novel grafis di media massa dan persepsi siswa perempuan bahwa novel grafis dan
buku manga yang ditulis untuk anak laki-laki.Penulis kemudian berpendapat bahwa mutlak
berhubungan dengan membaca dan biologis tidak ada dan menyajikan informasi dari studi penelitian
memeriksa sifat cairan gender dalam terang membaca dan keaksaraan.Jenis penelitian Deskriptif/PTK
Pemanfaatan teman sebaya.Subjek Penelitian : SMA Midwestern berjumlah 1.565 siswa di kelas 9-12. Hasil penelitian : Posisi ideologis ketika membaca novel grafis menegaskan gagasan bahwa novel grafis adalah buku-buku anak. Kaitannya dengan Perbedaan Jenis Kelamin Dirasakan di Preferensi Novel Grafis menyiratkan bahwa persepsi populer pembaca novel grafis terkait dengan gender.
Latar Belakang
Laporan yang dibuat oleh praktisi pendidikan dan media umum juga menunjukkan bahwa novel grafis
memegang daya tarik lebih untuk anak laki-laki. Ini bangsa yang novel grafis yang menarik hanya satu jenis kelamin membuat saya mempertanyakan apakah pendidik harus menggunakan novel grafis
dalam kurikulum. Untuk menjelajahi bagaimana kategori budaya gender dihubungkan dengan cara di mana siswa SMA membaca novel grafis.
Metode
Penelitian Deskriptif / PTK Pemanfaatan teman sebaya.
Subjek Penelitian : SMA Midwestern berjumlah 1.565 siswa di kelas 9-12.
Langkah Penelitian :
1. Mengajak Kolaborator ( 1 Lk)
2. Merekrut mereka untuk berpartisipasi. merekrut asistennya mahasiswa perpustakaan (siswa di kelas 9-12 IPS), yaitu : 15 siswa SMA terdiri 8 pr & 7 lk
3. Para peserta diminta untuk membaca tiga novel grafis yang dipilih secara acak dari Novel Grafis Besar Untuk Remaja
4. Setelah membaca setiap novel grafis, para siswa berpartisipasi dalam satu wawancara kelompok
5. Pembentukan Kelompok : berdasarkan jenis kelamin.
6. Diskusi ( 45 ‘ ) di dokumentasikan. Setiap kelompok sering, mengembangkan konsensus tentang isu-isu yang dibahas. Poin kesepakatan di antara tanggapan siswa tercermin dalam hasil penelitian ini, yaitu pada ide-ide dan konsep yang diberikan oleh siswa, dengan pertanyaan yang lebih spesifik dan siswa juga memiliki kesempatan untuk memberikan pendapat, saran.
7. Wawancara akhir fokus kelompok diminta pendapatnya, apakah dan bagaimana novel grafis harus digunakan dalam konteks sekolah.
8. Setiap siswa juga diwawancarai ( 30 ‘) : secara individual pada kelompoknya.
9. Analisis data : wawancara individu ditranskripsi untuk analisis. analisis pendekatan theory grounded untuk coding dalam dua tahap; coding awal dan terfokus.
kode awal bersifat sementara, komparatif dan didasarkan pada data (hal.48) sedangkan
kode difokuskan memungkinkan peneliti untuk" mensintesis dan menjelaskan segmen yang lebih besar dari data "(hal.57) dengan menggunakan awal yang paling signifikan atau sering .
kode sebagai saringan penyempurnaan kode terfokus menyebabkan pengembangan kategori atau proses Beberapa kategori baru dikembangkan dan proses dapat dijelaskan oleh teori Hall dalam pilihan bacaan.
10. Untuk mengamankan keabsahan penelitian ini, saya bertanya kepada seorang peer reviewer dis-tertarik untuk meneliti sebagian data saya bersama dengan kode-kode yang cukup dan reasonbly didukung oleh data dari studi.
Hasil
1. Posisi ideologis ketika membaca novel grafis
menegaskan gagasan bahwa novel grafis adalah buku-buku anak.
2. Kaitannya dengan Perbedaan Jenis Kelamin Dirasakan di Preferensi Novel Grafis
menyiratkan bahwa persepsi populer pembaca novel grafis, pada kenyataannya, yang terkait dengan gender.
3. Bagaimana murid berpikir novel grafis harus digunakan dalam konteks sekolah?
novel grafis harus digunakan di sekolah.
4. Implikasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membaca novel grafis baik dinikmati dan dihargai todiffering derajat oleh siswa SMA, laki-laki dan fermale,
Saran
untuk penelitian masa depan :
Mencari data yang berbeda (tdk homogen), tujuan :
- mempelajari lebih jauh ke pertanyaan yang akan menciptakan gambaran kaya cara di mana siswa SMA membaca gender dalam novel grafis,
- pertanyaan yang akan mengeksplorasi bagaimana isu-isu etnis, ras, dan kelas mungkin mempengaruhi siswa ketika mereka membaca gender dalam novel grafis
- eneliti kedepan di harapkan ada penggambaran ras dalam novel-novel grafis disertakan pada Novel grafis yang hebat untuk daftar buku remaja.
Tugas Prof. Chuzaimah
Komentar
Posting Komentar