Langsung ke konten utama

Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Universitas Pertahanan   atau biasa disebut dengan   UNHAN   ( bahasa Inggris :   Indonesian Defense University   atau   IDU ) adalah sebuah   Perguruan Tinggi Negeri   yang menyelenggarakan   pendidikan   vokasi ,   sarjana , dan   pascasarjana   di bidang   pertahanan   dan   bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma   perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu  Peraturan Presiden  Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono  pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada

RPP Ruang sampel


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas/Semester                : XI IPS / Ganjil
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 Menit


STANDAR KOMPETENSI        :
Menggunakan aturan statistik, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR :
1.4 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
INDIKATOR                             :
Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan

I.                    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menunjukkan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
·         Siswa dapat menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
·         Siswa mendefinisikan ruang sampel dan titik sampel
·         Siswa mendefinisikan kejadian

II.                  Materi Pembelajaran             :
·         Peluang suatu Kejadian
·         Ruang sampel dan Titik Sampel
·         Kejadian

III.                Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran              : PMRI
Metode                                    : Inquiri dan  Diskusi

IV.                Langkah – Langkah :
No
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
A
Kegiatan awal (10’)

1.      Membuka Pelajaran

Apersepsi :
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan : santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan disiplin, rajin)

Motivasi :
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
2.      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
 dan Informasi mengenai bentuk  aktivitas yang akan dilakukan peserta didik sehubungan dengan model Pembelajaran yang akan dilaksanakan



Mendengarkan dan memperhatikan guru

Membentuk kelompok (3-5 orang)

Setiap ketua kelompok mengambil LKS
B
Kegiatan Inti (60’)

Tahap 1 :  Eksplorasi

Mmenberikan stimulus berupa pemberian materi presentasi  
Mengajukan masalah yang ada di LKS
Mempelajari masalah tersebut
Mendiskusikannya, berkomunikasi lisan
Membahas masalah

Tahap 2 : Elaborasi

Meminta peserta didik  berdiskusi Menyelesaikan LKS
Membimbing peserta didik mengumpulkan informasi untuk menyelesaikan pemecahan masalah
Menyampaikan ide-ide dalam kelompoknya sendiri cara menyelesaikan masalah dengan menghubungkan pengetahuan yang telah dipelajarinya terdahulu
Mengumpulkan informasi tahapan penyelesaian masalah
Menyelesaikan tugas secara kelompok


Tahap 3 : Konfirmasi

Memberikan umpan balik dengan penguatan
Mengkonfirmasi hasil pekerjaan
Memberikan motivasi kepada siswa kurang/belum bisa
 
Mempresentasikan pekerjaan dimuka kelas
Memfasilitasi untuk refleksi pekerjaan temannya

C
Penutu (20 Menit)

1.      Kesimpulan :


Membimbing peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran
Evaluasi,  Menyelesaikan soal-soal dirumah
Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.

Menyimpulkan materi dengan bimbingan guru
Dan
Refleksi bersama guru terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

V.                  Sumber belajar / Bahan /Alat
Alat : Infocus dan Laptop, Alat peraga
Sumber Belajar : LKS, Buku paket siswa

VI.                Penilaian
Teknik/Jenis Tagihan        : Tes tertulis
Bentuk                   : Essay/Uraian

Rublik soal dan penskoran :
No
Rublik Soal
Kunci/Rublik Penskoran
1
Sebutkan Definisi :
Ruang sampel
Titik sampel
10
2
Pelemparan dua Buah Uang logam lima ratusan, Tentukan :
a.      Ruang sampel
b.      Banyak titik sampel
15
3
Pelemparan Uang logam lima ratusan dan sebuah dadu,
Tentukan :
a.      Ruang sampel
b.      Banyak titik sampel
20
4



25

Skor jawaban Maksimum
100


 Mengetahui                                                                           Pangkalan Balai, Mei  2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi



Sulaiman, S.Pd., M.Si                                                             Media Harja, SPd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adaptasi Tumbuhan dan Hewan

Adaptasi Tumbuhan Jika bicara masalah adaptasi, adaptasi tidak hanya terjadi pada manusia saja, namun adaptasi juga terjadi pada hewan maupun pada tumbuhan. Adaptasi sangat penting karena adaptasi merupakan proses penyesuaian diri kepada lingkungan sekitar. Adaptasi sangat diperlukan untuk kelangsungan hidupnya, sebab jika makhluk hidup tidak bisa beradabtasi dengan lingkungan akan membuat kelangsungan hidupnya tidak bertahan lama, hal ini tidak hanya dilakukan oleh manusia dan hewan saja, namun adaptasi juga harus dilakukan oleh tumbuhan demi kelangsungan hidupnya supaya bisa bertahan lama. Adaptasi tumbuhan mempunyai berbagai manfaat bagi tumbuhan itu sendiri maupun bagi makhluk lain yang ada disekitarnya. Jika anda sedang mencari pengetahuan tentang manfaat adaptasi tumbuhan, maka anda harus menyimak artikel berikut ini, sebab artikel berikut akan mengulas tentang masalah adaptasi tumbuhan. Dibawah akan dijelaskan tentang pengertian adpatasi tumbuhan dan juga contoh cont

MASALAH DAN MANFAAT PEMUAIAN

Top of Form Bottom of Form NAMA:ANGELS INNE KRISTIAN KELAS:7C/6            MASALAH DAN MANFAAT PEMUAIAN a. Pemasangan kaca jendela Tukang kayu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Hal ini dilakukan untuk memberi ruang kaca saat terjadi pemuaian. Apabila desain jendela tidak diberi ruangan pemuaian, maka saat kaca memuai akan mengakibatkan retaknya kaca tersebut. b. Celah pemuaian pada sambungan jembatan Sering kamu jumpai sambungan antara dua jembatan beton terdapat celah di antaranya. Hal ini bertujuan agar jembatan tersebut tidak melengkung saat terjadi pemuaian. c. Sambungan rel kereta api Sambungan rel kereta api dibuat ada celah diantara dua batang rel tersebut. Hal ini bertujuan agar saat terjadi pemuaian tidak menyebabkan rel melengkung. Rancangan yang sering digunakan sekarang ini sambungan rel kereta api dibuat bertautan dengan ujung rel tersebut dibuat runcing. Penyambungan seperti ini memungkinka