Universitas Pertahanan atau biasa disebut dengan UNHAN ( bahasa Inggris : Indonesian Defense University atau IDU ) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan vokasi , sarjana , dan pascasarjana di bidang pertahanan dan bela negara , dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi , untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia ( world class defense university ) dengan tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan. Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi di lingkungan Unhan merujuk kepada
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII IPA / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI :
Menggunakan konsep Integral dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR :
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah dibawah kurva dan volume benda putar
INDIKATOR :
Menghitung volume benda putar
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menggambarkan daerah dan batas integral
Siswa dapat menyelesaikan masalah benda putar
II. Materi Pembelajaran : Volume Benda Putar
III. Model Pembelajaran : Cooperatif tipe Kepala Bernomor dan
Berbasis Masalah
Metode : Demonstrasi, Diskusi dan Pemecahan Masalah
IV. Langkah – Langkah :
No | AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA |
A | Kegiatan awal (10’) | |
1. Membuka Pelajaran Apersepsi : Motivasi : 2. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan Informasi mengenai bentuk aktivitas yang akan dilakukan peserta didik sehubungan dengan model Pembelajaran yang akan dilaksanakan | Menyebutkan benda-benda yang termasuk volume benda putar. Mendengarkan dan memperhatikan guru Membentuk kelompok (3-5 orang) Setiap ketua kelompok mengambil LKS | |
B | Kegiatan Inti (60’) | |
Tahap 1 : Mengorientasikan masalah | ||
Mempresentasikan power point Mengajukan masalah yang ada di LKS | Mempelajari masalah tersebut | |
Tahap 2 : Mengorganisir Pembelajaran | ||
Meminta peserta didik berdiskusi menyelesaikan LKS | Menyampaikan ide-ide dalam kelompoknya sendiri cara menyelesaikan masalah dengan menghubungkan pengetahuan yang telah dipelajarinya terdahulu | |
Tahap 3 : Membantu/membimbing | ||
Membimbing peserta didik mengumpulkan informasi untuk menyelesaikan pemecahan masalah | Mengumpulkan informasi tahapan penyelesaian masalah | |
Setelah peserta didik menyelesaikan LKS dan mengumpulkannya. Tahap selanjutnya (Tahap 4 dan 5) Guru menggunakan Model kepala bernomor dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya. | ||
Tahap 4 : Mengembangkan dan Menyajikan | ||
Mengamati peserta didik | Mengerjakan hasil pemecahan masalah dan mempresentasikan dimuka kelas | |
Tahap 5 : Menganalisis dan mengevaluasi | ||
Mengamati hasil pekerjaan peserta didik | Terjadi interaksi antar siswa (diskusi) | |
C | Penutu (20 Menit) | |
1. Kesimpulan : | ||
Membimbing peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran 2. Evaluasi Menyelesaikan soal-soal dirumah | Menyimpulkan materi dengan bimbingan guru |
V. Alat, Bahan dan sumber belajar
Alat : Kartu bernomor, Infocus dan Laptop
Sumber Belajar : LKS, Buku paket siswa
VI. Penilaian
Jenis Tagihan : Tes tertulis
Bentuk : Uraian
Rublik soal dan penskoran :
No | Rublik Soal | Rublik Penskoran |
1 | 10 | |
2 | 15 | |
3 | 20 | |
4 | 25 | |
Skor jawaban Maksimum | 100 |
Mengetahui Pangkalan Balai, 2012
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
Sulaiman, S.Pd., M.Si Media Harja, SPd
NIP 19650308 198903 1 011 NIP 19830807 200801 1 010
Komentar
Posting Komentar